Toddler
Edisi May 2021

Ubah Edisi Paket
Kodomo Challenge Toddler
Guide for Parents

Parent's Guide

Periode ini sungguh luar biasa.

Ada dua perkembangan yang sangat dinantikan selepas Si Kecil meniup lilin ulang tahun pertamanya, yaitu Si Kecil melangkahkan kaki dan mengucapkan kata untuk pertama kali. Periode ini sungguh luar biasa. Ruang gerak Si Kecil semakin luas, ia bisa mengekspresikan diri dengan lebih baik, juga dipenuhi rasa ingin tahu yang seolah tidak ada habisnya. Dengan demikian, sangat disayangkan jika periode ini dibiarkan berlalu begitu saja.

Stimulasi Si Kecil dalam kegiatan bermain.

Kami, di Kodomo Challenge, ingin mengajak orangtua untuk bersama-sama memberikan stimulasi positif agar perkembangan Si Kecil dapat berlangsung secara optimal. Stimulasi diberikan dengan mempertimbangkan topik-topik apa saja yang menarik bagi Si Kecil dan diwujudkan dalam kegiatan bermain.

Di edisi Mei ini, Si Kecil akan berfokus pada 4 kegiatan utama:

- Mengembangkan kreativitas sekaligus melatih kemampuan motorik Si Kecil melalui mainan edukasi Balok Bentuk dan Warna.
- Meningkatkan kemampuan kognitif dengan mengenal bentuk-bentuk dasar.
- Memperkaya kosakata dengan mengenal beragam jenis kereta api.
- Meningkatkan kemampuan bersosialisasi dengan memperkenalkan cara meminjam yang sopan saat anak hendak meminjam sesuatu pada temannya.

Aku Suka Shimajiro!

Semua kegiatan dilakukan bersama Shimajiro, yang akan menjadi teman, sahabat, sekaligus rival bagi Si Kecil.
*Temukan panduan dan informasi lebih lanjut di buletin Parent’s Guide.

Tema Pembelajaran

Tema Belajar Kodomo Challenge Toddler

Komentar Ahli

Tumbuh kembang anak adalah hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua. Tidak saja pertumbuhan secara fisik, tapi juga kognitifnya. Semua itu bisa ditumbuhkembangkan dengan berbagai cara yang kreatif dan tidak membosankan bagi anak. Anak pada dasarnya belajar melalui cara bermain. Orang tua perlu memilih mainan yang berkualitas yang sesuai dengan tumbuh kembang anaknya.
Di usia menjelang 2 tahun seorang anak sudah bisa dikenalkan bentuk-bentuk dasar, seperti lingkaran, segitiga, dan segi empat. Ini adalah fondasi dasar bagi seorang
anak untuk membekali dirinya terhadap kesadaran bentuk dan ruang. Pengenalan ini bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, seperti mencocokkan bentuk-bentuk yang berbeda pada wadah yang sesuai. Bisa juga dengan mengelompokkan benda-benda yang bentuknya sama. Lebih baik jika pengenalan bentuk ini melalui benda-benda konkret di sekitar keseharian anak.
Dr. Sofia Hartati, M.Si

Dr. Sofia Hartati, M.Si

Ketua Asosiasi Pendidikan Guru PAUD Indonesia