Toddler
Edisi March 2021

Ubah Edisi Paket
Kodomo Challenge Toddler
Guide for Parents

Parent's Guide

Periode ini sungguh luar biasa.

Ada dua perkembangan yang sangat dinantikan selepas Si Kecil meniup lilin ulang tahun pertamanya, yaitu Si Kecil melangkahkan kaki dan mengucapkan kata untuk pertama kali. Periode ini sungguh luar biasa. Ruang gerak Si Kecil semakin luas, ia bisa mengekspresikan diri dengan lebih baik, juga dipenuhi rasa ingin tahu yang seolah tidak ada habisnya. Dengan demikian, sangat disayangkan jika periode ini dibiarkan berlalu begitu saja.

Stimulasi Si Kecil dalam kegiatan bermain.

Kami, di Kodomo Challenge, ingin mengajak orangtua untuk bersama-sama memberikan stimulasi positif agar perkembangan Si Kecil dapat berlangsung secara optimal. Stimulasi diberikan dengan mempertimbangkan topik-topik apa saja yang menarik bagi Si Kecil dan diwujudkan dalam kegiatan bermain.

Di edisi Maret ini, Si Kecil akan berfokus pada 4 kegiatan utama:

- Meningkatkan kemampuan motorik melalui permainan peran memasak dengan mainan edukasi Set Koki Bersuara.
- Memperkaya kosakata dengan memperkenalkan nama-nama makanan.
- Meningkatkan kemampuan kognitif dengan memperkenalkan konsep perbandingan-perbandingan sederhana, yaitu besar dan kecil.
- Melatih kemampuan bersosialisasi dengan bergandengan tangan pada orang tua saat berada di keramaian.

Aku Suka Shimajiro!

Semua kegiatan dilakukan bersama Shimajiro, yang akan menjadi teman, sahabat, sekaligus rival bagi Si Kecil.
*Temukan panduan dan informasi lebih lanjut di buletin Parent’s Guide.

Tema Pembelajaran

Tema Belajar Kodomo Challenge Toddler

Komentar Ahli

Usia ini adalah usia saat anak mulai bisa mengucapkan kata-kata sederhana. Pada masa ini diharapkan orang tua mulai mengajak anak berkomunikasi. Mulailah pembicaraan dari hal-hal yang dekat dengan anak. Anak mulai belajar mengucapkan kalimat sederhana dari gabungan dua kata. Kemampuan kognitif anak akan terasah melalui hal ini. Penggunaan kata-kata yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari akan menumbuhkan pengetahuan dan minat anak. Di sisi lain, anak akan belajar bagaimana menghubungkan kata-kata dengan konsep. Anak juga sudah bisa diajak untuk belajar memahami perbandingan-perbandingan sederhana, seperti besar-kecil, panjang-pendek, tinggi-rendah dan lain-lain.
Dr. Sofia Hartati, M.Si

Dr. Sofia Hartati, M.Si

Ketua Asosiasi Pendidikan Guru PAUD Indonesia