Playgroup
Edisi March 2021

Ubah Edisi Paket
Kodomo Challenge Playgroup
Guide for Parents

Parent's Guide

Usia 2-3 tahun adalah masa-masa penuh penjelajahan.

Saat ini, Si Kecil tampak sangat aktif dan ingin melakukan segala sesuatu sendiri. Perilaku ini muncul seiring dengan laju pertumbuhan dan perkembangannya: Si Kecil mengalami lompatan bahasa, semakin banyak kosakata yang ia kuasai. Selain itu, kemampuan intelektualnya pun meningkat, hal-hal yang dapat dilakukannya bertambah, dan dunianya semakin luas.

Manfaatkan dengan baik kesempatan ini.

Bersama Kodomo Challenge Playgroup, maksimalkan tumbuh kembang Si Kecil dan nikmati setiap momennya. Berikan ruang untuk penjelajahan, termasuk juga kesempatan pada Si Kecil untuk mencoba sesuatu sendiri.

Di edisi Maret ini, Si Kecil akan berfokus pada 4 kegiatan utama:

- Mengenalkan kosakata sederhana dalam bahasa Inggris pada Si Kecil melalui mainan edukasi English Word Book.
- Meningkatkan pemahaman Si Kecil tentang arti lampu lalu lintas merah dan hijau, sekaligus mengenalkan etika pada saat menyeberang jalan.
- Meningkatkan kosakata Si Kecil dengan mengenal nama-nama burung, serta mengetahui ciri-cirinya.
- Meningkatkan kemampuan bersosialisasi Si Kecil dengan menumbuhkan rasa peduli dan bersikap baik kepada orang lain.

*Temukan panduan dan informasi lebih lanjut di buletin Parent’s Guide.

Tema Pembelajaran

Tema Belajar Kodomo Challenge Playgroup

Komentar Ahli

Usia ini adalah usia saat anak mulai berinteraksi dengan teman sebaya dan adik (anak yang lebih muda). Selain itu, pada usia ini anak sudah bisa diajak pergi ke tempat-tempat umum. Berbagai kemampuan bersosialisasi, seperti bagaimana ketika bermain dengan teman sebaya, mengantre, mengatakan maaf, dan lain-lain, bisa dikenalkan di usia ini. Selain itu, anak juga sudah bisa dikenalkan pada bagaimana etika ketika berada di tempat umum.
Hal-hal di atas penting, sebagai fondasi dasar bagi anak setelah dewasa kelak. Perlu berbagai stimulan yang bisa membuat anak belajar bagaimana berinteraksi dan etika di tempat umum. Tentu saja semua stimulan itu harus dikemas secara menyenangkan bagi anak.
Dr. Sofia Hartati, M.Si

Dr. Sofia Hartati, M.Si

Ketua Asosiasi Pendidikan Guru PAUD Indonesia