Hop
Edisi July 2020

Ubah Edisi Paket
Kodomo Challenge Hop
Beli Produk
Guide for Parents

Parent's Guide

Minat belajar adalah daya penggerak Si Kecil saat belajar di jenjang yang lebih tinggi.

Tidak terasa begitu pesatnya pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Si Kecil tidak lagi sama dengan dirinya yang kemarin. Tantangan yang dihadapinya pun tidak lah sama. Banyak anak di usia ini yang mulai bersekolah sebagai persiapan sebelum mereka masuk jenjang Sekolah Dasar. Yang perlu dipastikan adalah Si Kecil menyenangi kegiatan belajar. Tumbuhnya minat belajar berkaitan dengan rasa ingin tahu, motivasi, ketahanan diri, dan kepercayaan diri yang diperlukan Si Kecil saat ia belajar di jenjang yang lebih tinggi.

Di Kodomo Challenge HOP, menumbuhkan minat adalah yang utama.

Membaca, menulis, dan berhitung mungkin adalah tiga kemampuan utama yang ingin dikembangkan di usia ini. Di Kodomo Challenge, ketiganya diperkenalkan dengan menumbuhkan minat Si Kecil terlebih dahulu. Setelah minatnya tumbuh, ia akan mencari tahu sendiri dan semuanya akan menjadi lebih mudah.

Jagalah dengan baik periode ini.

Bersama Kodomo Challenge, persiapkan Si Kecil menjadi seorang pembelajar ulung.

Di edisi perdana ini, Si Kecil akan berfokus pada 5 kegiatan utama:

  • Bermain dengan Mesin Bahasa untuk menumbuhkan minatnya akan huruf dan kata-kata.
  • Melatih kemampuannya bersosialisasi di dalam lingkungan yang baru.
  • Mengenal keluarga monyet untuk menumbuhkan minatnya akan ilmu pengetahuan.
  • Mengenal peristiwa alam untuk menumbuhkan minat Si Kecil akan ilmu pengetahuan.
  • Menumbuhkan kemandirian dan kecakapan dalam menjaga kebersihan diri.

*Temukan panduan dan informasi lebih lanjut di buletin Parent’s Guide.

Tema Pembelajaran

Tema Belajar Kodomo Challenge Hop

Komentar Ahli

Sejalan dengan meningkatnya daya ingat, kemampuan berbahasa anak berkembang. Selain itu kemampuannya untuk mempelajari kata-kata baru terjadi secara lebih cepat. Di usia ini, anak dapat menyebutkan usia dan umurnya dengan jelas dan benar. Mereka dapat menjawab pertanyaan sederhana dan mulai dapat bercerita. Mereka juga mulai mengobrol dengan teman seusianya atau berusaha berkomunikasi dengan susunan kata yang lebih kompleks.

Anak dapat diajak mengenali alfabet dengan cara yang menyenangkan, misalnya dengan nyanyian, permainan seperti balok alfabet, magnet kulkas, dan benda lain berbentuk alfabet yang terbuat dari bahan dengan beragam tekstur. Saat membaca buku untuk anak, mereka dapat diminta untuk menyebutkan alfabet tertentu yang dikenalinya. Hal terpenting adalah buatlah semua kegiatan ini santai, menyenangkan, dan tanpa paksaan.
Sofie Dewayani, PhD

Sofie Dewayani, PhD

Pegiat Literasi Anak