Hop
Edisi April 2021

Ubah Edisi Paket
Kodomo Challenge Hop
Beli Produk
Guide for Parents

Parent's Guide

Minat belajar adalah daya penggerak Si Kecil saat belajar di jenjang yang lebih tinggi.

Tidak terasa begitu pesatnya pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Si Kecil tidak lagi sama dengan dirinya yang kemarin. Tantangan yang dihadapinya pun tidak lah sama. Banyak anak di usia ini yang mulai bersekolah sebagai persiapan sebelum mereka masuk jenjang Sekolah Dasar. Yang perlu dipastikan adalah Si Kecil menyenangi kegiatan belajar. Tumbuhnya minat belajar berkaitan dengan rasa ingin tahu, motivasi, ketahanan diri, dan kepercayaan diri yang diperlukan Si Kecil saat ia belajar di jenjang yang lebih tinggi.

Di Kodomo Challenge HOP, menumbuhkan minat adalah yang utama.

Membaca, menulis, dan berhitung mungkin adalah tiga kemampuan utama yang ingin dikembangkan di usia ini. Di Kodomo Challenge, ketiganya diperkenalkan dengan menumbuhkan minat Si Kecil terlebih dahulu. Setelah minatnya tumbuh, ia akan mencari tahu sendiri dan semuanya akan menjadi lebih mudah.

Jagalah dengan baik periode ini.

Bersama Kodomo Challenge, persiapkan Si Kecil menjadi seorang pembelajar ulung.

Di edisi April ini, Si Kecil akan berfokus pada 5 kegiatan berikut:

- Menumbuhkan rasa ingin tahu Si Kecil dengan mengenal permainan gasing.
- Memperkenalkan Si Kecil pada kegiatan menulis, serta melatih kemampuan berpikir, mengontrol tangan, konsentrasi, dan motorik dengan mainan edukasi Tracing Board.
- Meningkatkan kemampuan mengekspresikan pikiran Si Kecil melalui coretan dengan mainan edukasi Tracing Board.
- Meningkatkan kemampuan bersosialisasi Si Kecil dengan menumbuhkan pemahaman bagaimana cara bermain yang nyaman bersama teman-teman.
- Menumbuhkan kebiasaan baik dengan memperkenalkan aturan saat berada di eskalator.

*Temukan panduan dan informasi lebih lanjut di buletin Parent’s Guide.

Tema Pembelajaran

Tema Belajar Kodomo Challenge Hop

Komentar Ahli

Keterampilan menulis dengan tangan (handwriting skills) penting bagi anak usia dini. Apabila anak terampil menulis dengan tangannya, dengan koordinasi yang baik antara jari dan mata, maka ia akan dapat berfokus mengembangkan idenya secara ekspresif dan kreatif. Mendorong anak untuk berceloteh melalui coretan tangan sangat penting bagi pengembangan kemampuan berpikir anak. Kemampuan mengekspresikan pikiran melalui coretan tangan merupakan tahap kegiatan menulis awal yang penting bagi anak usia dini. Kemampuan ini perlu dibina sejak dini, sebelum anak-anak terpajan dengan perangkat teknologi seperti gawai.
Sofie Dewayani, PhD

Sofie Dewayani, PhD

Pegiat Literasi Anak