Kreativitas Anak

Apa dan Bagaimana Perkembangan Motorik Anak

Apa dan Bagaimana Perkembangan Motorik Anak

Bagikan Artikel ini

30

Ditulis oleh: Dr. Sofia Hartati, M.Si

Proses pertumbahan dan perkembangan anak dalam semua aspeknya merupakan hal yang harus menjadi perhatian para orang tua secara terus menerus terutama pada masa awal pertumbuhannya. Tidak hanya perkembangan kognitif, bahasa,  sosial dan  emosi namun  pertumbuhan dan perkembangan fisik merupakan  satu aspek pertumbuhan dan perkembangan anak  yang tidak boleh diabaikan oleh orang tua. Pertumbuhan aspek fisik meliputi perkembangan  kesehatan, motorik kasar dan motorik halus.  Perkembangan motorik penting sekali distimulasi sejak dini karena banyak aktivitas dalam kehidupan anak yang membutuhkan ketrampilan motorik tersebut. Perkembangan fisik yang sehat dengan ketrampilan motorik yang baik dapat menjadi fondasi perkembangan anak untuk berkembang pada tahap selanjutnya karena pada hakikatnya semua perkembangan saling tergantung satu sama lainnya.

Perkembangan motorik didasarkan atas penggunaan kumpulan otot yang berbeda secara terkoordinasi. Perkembangan motorik merupakan perkembangan pengendalian gerakan jasmaniah yang melibatkan gerakan syaraf, urat syaraf dan otot yang terkoordinasi.  Perkembangan motorik dibagi dua yaitu motorik kasar dan motorik halus. Motorik kasar  merupakan perkembangan gerak yang meliputi keseimbangan dan koordinasi antar anggota tubuh. Sedangkan  motorik halus, merupakan perkembangan gerak yang meliputi otot kecil dengan koordinasi mata-tangan. Perkembangan motorik ini merupakan bagian tugas perkembangan anak yang paling penting saat anak memasuki masa prasekolah dan dalam tahun-tahun permulaan sekolah.

Bagaimana perkembangan motorik anak dapat berkembang dengan baik ?

Banyak hasil studi yang dilakukan menunjukkan  perkembangan motorik dapat berkembang dengan baik saat anak diberikan beragam stimulasi dan aktivitas yang menyenangkan sesuai usia mereka. Anak dapat distimulus dengan melakukan aktivitas fisik dalam bentuk permainan - permainan baik yang melibatkan aktivitas seluruh tubuh mereka  atau hanya bagian -baian dari aktivitas tubuh anak  seperti untuk anak usia 4 atau 5 tahun  anak dapat mengendalikan gerakan - gerakan kasar dengan  melibatkan bagian badan yang luas misalnya berjalan, berlari, melompat, berenang dan sebagainya. Setelah anak berusia  5 tahun terjadi perkembangan yang besar  dalam pengendalian koordinasi yang lebih baik dengan melibatkan kelompok otot yang lebih kecil dan digunakan untuk menggenggam, melempar, menangkap bola, menulis dan menggunakan alat. Secara normal anak yang berumur 6 tahun akan siap menyesuaikan diri dengan tuntutan sekolah dan berperan serta dalam kegiatan bermain dengan teman sebayanya.

Beberapa hal penting yang dapat dilakukan orang tua agar perkembangan motorik anak berkembang dengan baik sesuai dengan tahapan usianya adalah sebagai berikut:

1) Memberikan kesempatan agar anak dapat mempelajari kemampuan motoriknya, misalnya biarkan anak mengekplorasi objek dengan menggunakan tangannya.

2) Memberikan kesempatan mencoba seluas-luasnya agar anak dapat menguasai kemampuan motoriknya, misalnya merangkak, berjalan, berlari,melompat dsb.

3) Memberikan contoh yang baik, tunjukkan aktivitas pada anak dengan menggunakan tangan, misalnya melempar dan menangkap bola, saat makan dengan menggunkan sendok atau saat menendang bola dengan kaki. Anak akan empelajari dan mengembangkan kemampuan motoriknya mealui  meniru, sehingga anak memerlukan model yang baik dari orang tua.

4) Memberikan bimbingan dengan sabar dan konsiten pada anak, agar anak dapat mengetahui kesalahannya saat anak melakukan tindakan yang salah.

5) Siapkan beragam alat permainan yang dapat mengembangkan kegiatan motorik kasas dan halus anak seperti peralatan  Menggambar, melukis dengan berbagai media. Playdough untuk membuat bentuk kerajinan dari tanah liat, membuat seni kerajinan tangan, misalnya membuat boneka dari kain perca atau bahan lainnya.

Untuk melatih motorik Si Kecil, Moms and Dads bisa menggunakan paket belajar Seni & Kreasi dari Kodomo Challenge. Paket Seni & Kreasi ini berisikan tools untuk leatih motorik Si Kecil. Aspek imajinasi dan kreativitas anak akan dirangsang dalam paket ini. Tak lupa mari Moms and Dads turut mendukung anak berkembang dan bangun kebiasaan baik sejak dini!

Bagikan Artikel ini

Akses ke Konten Edukasi Kodomo Challenge

Gratis Badge

Dapatkan Aktivitas Edukasi dan Video Edukasi yang dapat digunakan untuk menstimulus Si Kecil berkomunikasi, mengajarkan kebiasaan hidup, rasa percaya diri dan masih banyak lagi. Dapatkan secara GRATIS dan dapat diakses kapan saja. Daftar sekarang dan nikmati fasilitas FREE TRIAL dari Kodomo Challenge.

Free Trial Permainan
Pentingnya Melatih Imajinasi dan Kreativitas Anak Kreativitas Anak

Pentingnya Melatih Imajinasi dan Kreativitas Anak

Imajinasi dan kreativitas dibutuhkan untuk berinovasi sehingga dapat menciptakan karya dan solusi yang terus berkembang sesuai dengan kebutuhan dan tantangan dari masa ke masa.

42

Tips Melatih Imajinasi dan Kreativitas Kreativitas Anak

Tips Melatih Imajinasi dan Kreativitas

Imajinasi dan kreativitas dibutuhkan untuk berinovasi sehingga dapat menciptakan karya dan solusi yang terus berkembang sesuai dengan kebutuhan dan tantangan dari masa ke masa.

33