Language Development

Kapan dan Bagaimana Sebaiknya Mengajarkan Huruf & Angka?

Kapan dan Bagaimana Sebaiknya Mengajarkan Huruf & Angka?

Bagikan Artikel ini

22

Kapan bisa mulai mengajarkan huruf dan angka?

Setelah anak mampu berkomunikasi dengan kata-kata, selanjutnya pasti orang tua mulai menaruh perhatian pada hurug dan angka, ya. "Sebaiknya mulai diajarkan calistung, ya", "anak lain kapan mulai bisa membaca dan berhitung, sih?", dan kekhawatiran sejenis mulai menghinggapi. Walaupun banyak yang mulai belajar calistung sekitar usia 3 tahun, tapi masing-masing anak perkembangannya bervariasi. Ada yang cepat menghapal namanya sendiri tapi tak tertarik menghapal kata lain, ada yang menghapalkan gambar ilustrasinya dan tidak belajar cara bacanya, dan sebagainya.

Perkembangan anak ada tahapannya, dan kesiapan anak sangat penting

Pada usia sekitar 2 tahun, pemahaman kata sudah banyak berkembang sehingga anak bisa memahami sebagian besar kata yang ditujukan padanya. Akan tetapi pada masa itu anak belum begitu paham dan masih mencoba membayangkan apa makna dari tiap kata. Saat anak berusia 3 tahunan, seiring pengalamannya berinteraksi dengan orang dan benda di sekitarnya, anak akan menemukan perbedaan dan kesamaan berbagai benbda dan hal, sehingga memiliki kemampuan dasar pemahaman makna kata.

Kemudian anak pun menyadari bahwa kata-kata yang ia kenal bisa diekspresikan melalui tulisan. Jika anak mulai tertarik dan ingin ikut mempraktekkan metode ekspresi tersebut, di situlah anak sudah mencapai readiness atau kesiapan.  Tahapan ini tersambung pada pemahaman ukuran, panjang, jumlah, dan sebagainya. Bisa dikatakan bahwa yang menentukan kesiapan belajar huruf dan angka bukan orang tua melainkan si anak itu sendiri.

Saat ini, hargailah setiap pengalaman mengekspresikan pemikiran dalam kegiatan bermain.

Tidak perlu terpaku pada huruf dan angka untuk sekarang. Cobalah ajukan banyak pertanyaan dari berbagai pengalaman anak yang ada. Seiring memahami pertanyaan dan mencoba mengekspresikan pemikiran, kemampuan berpikir anak akan terasah. Saat menemui situasi yang memuaskan rasa keingintahuan intelektualnya dalam permainan yang sesuai tahap perkembangan dan minat anak, anak akan secara alami memperlihatkan semangat dan daya konsentrasi. Daripada tiba-tiba diajarkan oleh Moms & Dads, lebih efektif menyiapkan lingkungan yang mendukung anak untuk menjalani sendiri proses memilih hal yang diminatinya.

-------------------------------------------------------------------------------------------

Bagaimana, Moms & Dads?

Pada usia dini seperti sekarang, dasar kemampuan berpikir si Kecil akan terbentuk seiring berbagai pengalaman yang dialaminya. Dalam paket Kodomo Challenge yang disiapkan sesuai tumbuh kembang anak, si Kecil bisa belajar berbagai tema akademis seperti bahasa, berhitung, logika, bentuk, ilmu pengetahuan alam, sosial, ekspresi, dan sebagainya. Misalnya jika touch pen bersuara dalam set Hatenanda disentuhkan pada buku bergambar khusus, nama dan suara binatang akan keluar, dan karakter Hatenanda akan menyajikan kuis bagi anak. Sambil mencoba menyentuhkan pena, anak akan mendapatkan pengalaman berpikir dalam berbagai situasi, sehingga kosa kata maupun pengetahuannya pun bertambah. Selamat mencoba!

Bagikan Artikel ini

Akses ke Konten Edukasi Kodomo Challenge

Gratis Badge

Dapatkan Aktivitas Edukasi dan Video Edukasi yang dapat digunakan untuk menstimulus Si Kecil berkomunikasi, mengajarkan kebiasaan hidup, rasa percaya diri dan masih banyak lagi. Dapatkan secara GRATIS dan dapat diakses kapan saja. Daftar sekarang dan nikmati fasilitas FREE TRIAL dari Kodomo Challenge.

Free Trial Permainan
Komunikasi Yang Baik Antara Orang Tua dan Anak akan Mendorong Perkembangan Bahasa Language Development

Komunikasi Yang Baik Antara Orang Tua dan Anak akan Mendorong Perkembangan Bahasa

Perbedaan tingkat perkembangan kemampuan bahasa dan wicara anak usia 1-3 tahun bisa sangat besar, sehingga banyak orang tua yang khawatir anaknya “lambat bicara” atau ”kemampuan bahasanya rendah” dan sebagainya.

2012

Kebiasaan Anak Mengoceh dan Mengapa Orang Tua Tidak Perlu Khawatir! Language Development

Kebiasaan Anak Mengoceh dan Mengapa Orang Tua Tidak Perlu Khawatir!

Di periode babbling, jika anak mengoceh sembari melihat langsung ke wajah orang tua, dan anak bereaksi pada saat orang tua memanggil, berarti tidak perlu khawatir!

1148

Hubungan Antara Menunjuk dan Kemampuan Wicara dan Bagaimana Jika Anak Saya Jarang Menunjuk? Language Development

Hubungan Antara Menunjuk dan Kemampuan Wicara dan Bagaimana Jika Anak Saya Jarang Menunjuk?

Menunjuk merupakan gerakan yang dilakukan anak terhadap benda yang menarik perhatiannya atau yang diinginkannya, sehingga memiliki peran yang sangat penting dalam tumbuh-kembang anak.

2875

Kalimat Dua Kata Itu yang Seperti Apa? Mulai Usia Berapa? Language Development

Kalimat Dua Kata Itu yang Seperti Apa? Mulai Usia Berapa?

Di usia sekitar 1 tahun, si kecil seharusnya mulai mengucapkan kata pertama, seperti “mama” atau “ayah”. Ia juga akan mulai menirukan berbagai kata yang diucapkan oleh orang-orang di sekitarnya.

3289