Kreativitas Anak

Pentingnya Melatih Imajinasi dan Kreativitas Anak

Pentingnya Melatih Imajinasi dan Kreativitas Anak

Bagikan Artikel ini

43

Ditulis oleh: Jovita Maria Ferliana, M.Psi,Psikolog

Moms and Dads, imajinasi dan kreativitas adalah kemampuan yang harus dimiliki anak sejak usia dini karena kemampuan imajinasi dan kreativitas dibutuhkan untuk menjawab permasalahan dan menghadapi tantangan di masa depan.

Imajinasi adalah kemampuan untuk menciptakan gambaran di pikiran, yang mana tidak pernah dilihat atau dialami sebelumnya. Sedangkan kreativitas adalah kemampuan untuk menemukan gagasan baru dari hasil imajinasi dan menerapkannya dalam pemecahan masalah sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Setiap anak memiliki kemampuan imajinasi. Imajinasi berisikan tentang segala hal dibayangan anak, walaupun hal tersebut tidak nyata. Sebagai contoh: anak berimajinasi mengenai sapi berwarna ungu. Walaupun anak yang berusia 3 tahun ke atas tahu bahwa tidak ada sapi berwarna ungu dalam kenyataannya. Namun bagi seorang anak sangat asyik bermain-main dalam pikiran mengenai sapi berwarna ungu yang sedang melakukan hal-hal hal-hal konyol yang tidak ada dalam kenyataan. Sementara kreativitas adalah tindak lanjut dari imajinasi. Pada saat imajinasi ini disesuaikan dengan keadaan yang ada di kenyataan lalu menghasilkan sesuatu yang baru dan bermanfat, mana inilah yang disebut dengan kreativitas. Untuk menjadi kreatif, diperlukan daya imajinasi.

Tiap anak mampu berimajinasi, namun  untuk menjadikannya sebagai kreativitas, membutuhkan stimulasi dari orang tua dan lingkungan. Untuk menjadi kreatif (menghasilkan sesuatu yang bermanfaat) dibutuhkan kemampuan empati/ cerdas sosial (untuk melihat kebutuhan saat ini). Hal ini diperoleh dari stimulasi, contoh, dan ajaran dari Orang tuanya. Contoh penggabungan antara imajinasi dan kreativitas adalah sebagai berikut: membayangkan sapu dapat terbang sendiri tanpa digerakkan oleh manusia (imajinasi) kemudian melihat kebutuhan yang ada saat ini bahwa ibunya lelah menyapu rumah (empati) maka menghasilkan terciptanya alat pembersih otomatis yang dapat dijalankan melalui tombol-tombol remote (kreatif).

Ciri anak kreatif adalah:

  1. Memiliki kelancaran berpikir,
  2. Fleksibel dalam berpikir,
  3. Orisinil (asli) dalam berpikir,
  4. Mampu melakukan elaborasi,
  5. Imaginatif,
  6. Senang menjajaki lingkungannya,
  7. Banyak mengajukan pertanyaan,
  8. Mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi,
  9. Suka melakukan eksperimen (hal-hal baru),
  10. Suka belajar hal baru.

Mengembangkan imajinasi dan kreativitas Si Kecil memiliki banyak manfaat, yaitu:

  1. Membuat anak lebih produktif tidak hanya di masa sekarang namun juga di kehidupannya di masa mendatang
  2. Mempermudah mencari jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi
  3. Memiliki keterampilan khusus
  4. Mampu membuat penemuan-penemuan baru yang bermanfaat

Bagikan Artikel ini

Akses ke Konten Edukasi Kodomo Challenge

Gratis Badge

Dapatkan Aktivitas Edukasi dan Video Edukasi yang dapat digunakan untuk menstimulus Si Kecil berkomunikasi, mengajarkan kebiasaan hidup, rasa percaya diri dan masih banyak lagi. Dapatkan secara GRATIS dan dapat diakses kapan saja. Daftar sekarang dan nikmati fasilitas FREE TRIAL dari Kodomo Challenge.

Free Trial Permainan
Tips Melatih Imajinasi dan Kreativitas Kreativitas Anak

Tips Melatih Imajinasi dan Kreativitas

Imajinasi dan kreativitas dibutuhkan untuk berinovasi sehingga dapat menciptakan karya dan solusi yang terus berkembang sesuai dengan kebutuhan dan tantangan dari masa ke masa.

33

Apa dan Bagaimana Perkembangan Motorik Anak Kreativitas Anak

Apa dan Bagaimana Perkembangan Motorik Anak

Proses pertumbahan dan perkembangan anak dalam semua aspeknya merupakan hal yang harus menjadi perhatian para orang tua secara terus menerus terutama pada masa awal pertumbuhannya.

30