Kecakapan Hidup

5 Langkah Mudah Agar Berhasil Melatih Anak Toilet Training Anak

5 Langkah Mudah Agar Berhasil Melatih Anak Toilet Training Anak

Bagikan Artikel ini

43

Toilet Training merupakan cara melatih anak agar dapat mengontrol Buang Air Besar (BAB) dan Buang Air Kecil (BAK) secara mandiri.

Meski pada dasarnya setiap anak normal setelah dewasa akhirnya dapat melakukannya dengan baik, pembiasaan sejak kecil akan membuatnya lebih mandiri. Bahkan menurut Rachel Chalista FD Hersa, Psikolog Pendidikan Anak dan Keluarga pada Webinar Kodomo Challenge, 5 Mei 2021, akibat keberhasilan toilet training, anak akan lebih produktif, mandiri, problem solver, percaya diri, bisa menempatkan diri, dan menangani perasaan.

Moms and Dads mau bukan berhasil dalam melatih anak toilet training? Ingin buah hati seperti yang dikatakan di atas?

Untuk mencapainya tidak sulit, lho! Moms and Dads dapat mengikuti langkah mudah yang diuraikan Rachel Calista M.Psi Psikolog berikut ini.

  1. Menyiapkan Anak

Anak dikatakan siap untuk dilatih toilet training jika sudah memahami perintah sederhana. Selain itu motorik kasar dan halusnya juga sudah berkembang baik.

Nah, Moms and Dads harus sudah mempersiapkan hal tersebut sejak dini. Toilet training merupakan salah satu proses panjang tumbuh kembang anak.

Untuk hal yang pertama, memahami perintah sederhana, itu artinya Moms and Dads harus berusaha menyiapkan kemampuan bahasa sesuai usia. Sering berkomunikasi dua arah dengan anak menjadi fokus utama.

Dengan demikian, saat Moms and Dads melatih anak toilet training, anak akan memahami petunjuk dan perintah sederhana yang diutarakan.

Hal yang sama berlaku pula untuk motorik. Orang tua dapat memulainya sejak dini. Jadi, bila saat pelatihan tiba, anak sudah dapat: membuka celana dan memakainya sendiri, berjongkok dan berdiri di toilet, dan diajarkan membersihkan diri sendiri.

  1. Mengajarkan Anak dengan Tehnik Lisan

Selanjutnya, Moms and Dads dapat memperkenalkan BAB dan BAK secara lisan.

Misalnya, saat anak masih BAK di celana, biarkan anak memperhatikan bagaimana perasaannya ketika akan melakukan hal tersebut. Kemudian tunjukkan apa yang disebut BAK dengan air seni yang keluar dari alat kelaminnya. Begitu pula dengan BAB.

Secara perlahan, ketika anak memahami rasa ingin BAK atau BAB tuntun perlahan ke toilet dan ajarkan bagaimana caranya: duduk hingga ketika air seni dan kotoran keluar.

  1. Mengajarkan Anak dengan Teknik Modeling

Sebagian besar anak hanya menerima instruksi secara lisan setengah. Itu karena fokus otaknya terhadap sesuatu belum lama.

Pelatihan akan lebih dipahami jika instruksi ditambahkan dengan teknik modeling. Jadi, Moms and Dads memberi contoh bagaimana duduk di toilet dan seterusnya.

JIka kesulitan, Paket Kodomo Challenge dapat membantu Moms and Dads untuk mengajarkan Si Kecil toilet training. Paket ini terdiri dari boneka Shimajiro dan toiletnya, ditambah buku-buku dan video yang merangsang perkembangan otak.

Khusus untuk toilet training, Shimajiro dapat didudukkan di toilet sebagai  model, hingga berhasil BAK dan BAB lengkap. Bahkan, alat peraga ini dapat menirukan suara ketika BAK dan BAB berhasil dikeluarkan.

  1. Mengulang Kebiasaan

Sama dengan pembelajaran lain, melatih anak toilet training juga perlu kesabaran. Jika anak sudah berhasil BAK dan BAB secara benar satu kali, Moms and Dads tetap harus terus mendampinginya hingga menjadi kebiasaan. Anak tidak lagi mengompol dan memerlukan diapers.

  1. Jangan Lupa Memberi Reward

Terakhir, jangan lupa memberi reward ya, Moms and Dads! Ini penting untuk meningkatkan kepercayaan diri dan membuat mereka yakin apa yang dilakukan sebuah prestasi. Reward tidak perlu sesuatu dengan harga mahal. Sekali waktu berilah mereka pujian yang menyenangkan. Itu saja sudah cukup.

Bagaimana, Moms and Dads? Sudah siap melatih anak toilet training? Yuk, dicoba langkah mudah di atas!

Bagikan Artikel ini

Akses ke Konten Edukasi Kodomo Challenge

Gratis Badge

Dapatkan Aktivitas Edukasi dan Video Edukasi yang dapat digunakan untuk menstimulus Si Kecil berkomunikasi, mengajarkan kebiasaan hidup, rasa percaya diri dan masih banyak lagi. Dapatkan secara GRATIS dan dapat diakses kapan saja. Daftar sekarang dan nikmati fasilitas FREE TRIAL dari Kodomo Challenge.

Free Trial Permainan
Ketahui Tanda-tanda Si Kecil Sudah Siap Diberikan Toilet Training Kecakapan Hidup

Ketahui Tanda-tanda Si Kecil Sudah Siap Diberikan Toilet Training

Banyak Moms and Dads yang terkadang bingung mengenai kapan waktu yang tepat memberikan toilet training pada anak.

557

Tips dan Trik untuk Mempermudah Si Kecil Lulus Toilet Training Kecakapan Hidup

Tips dan Trik untuk Mempermudah Si Kecil Lulus Toilet Training

Si Kecil dapat dikatakan lulus atau menyelesaikan toilet training ketika ia sudah mampu mengenali sinyal dari tubuhnya untuk buang air, lalu pergi ke toilet dan melakukan proses buang airnya secara mandiri.

512

Tips Mengajarkan Etika dan Aturan ke Toilet pada Anak Kecakapan Hidup

Tips Mengajarkan Etika dan Aturan ke Toilet pada Anak

Selama ini, pernahkah membawa Si Kecil ke toilet umum, tapi Si Kecil main-main air di wastafel, atau langsung duduk pada dudukan toilet yang kotor? Tentu kita yang melihatnya jadi risih dan khawatir, ya.

454

Melatih Kemandirian Si Kecil Sejak Dini Kecakapan Hidup

Melatih Kemandirian Si Kecil Sejak Dini

Moms & Dads, kemandirian merupakan karakter yang perlu dimiliki oleh setiap orang, apalagi menghadapi tantangan masa depan yang kian kompleks. Mereka yang mandiri, tentu akan lebih percaya diri dan mampu membuat keputusan.

504