Language Development

Tips & Trik Memperkenalan Bahasa Kedua Pada Anak Sejak Usia Dini

Tips & Trik Memperkenalan Bahasa Kedua Pada Anak Sejak Usia Dini

Bagikan Artikel ini

59

Teknologi komunikasi dan informasi makin luas. Hal tersebut juga membuat peluang anak untuk berkembang di dunia internasional makin besar. Untuk itu, mereka harus mampu menguasai beberapa bahasa. Itu sebabnya, orang tua antusias sekali mengajarkan anak berbagai bahasa, khususnya bahasa Inggris.

Pertanyaan besar dari para orang tua, usia berapa anak dapat diajarkan bahasa kedua agar tidak terjadi bingung bahasa?

Sebelum membahas lebih jauh tentang hal di atas, baiknya perhatikan dulu pengertian masing-masing.

Bahasa kedua adalah bahasa yang diperkenalkan kepada anak di luar bahasa sehari-hari yang digunakan oleh orang tuanya.  Jadi, jika orang tua di rumah biasa berbahasa Indonesia maka bahasa Jawa, Inggris, Jerman, dan lain-lain merupakan bahasa kedua.

Sementara itu, bingung bahasa menurut Devi Sani, R. M. Psi.,Psikolog tidak ada dalam definisi ilmiah. Kata tersebut merupakan istilah orang awam yang sering menggambarkan anak dengan keterlambatan bicara karena ada dua bahasa yang dikenal.

Dari sisi keilmuwan hanya dikenal sebutan Code-Mix, situasi di mana anak akan mencampurkan bahasa terutama jika mereka baru diperkenalkan.

Nah, untuk waktu yang tepat mengajarkan anak bahasa kedua pun berbeda-beda. Moms & dads perlu memahami terlebihdahulu tanda-tanda anak siap bahasa kedua, seperti penjelasan berikut ini.

  1. Tidak Memiliki Keterlambatan Bicara dan BahasaDalam panduan tumbuh kembang anak, ada tahapan perkembangan bahasa. Keterlambatan tumbuh kembang hanya dapat dideteksi oleh ahli tumbuh kembang. Namun, sebagai orang tua, juga dapat melihatnya dengan cara komunikasi.
  2. Tidak Memiliki Gangguan dan Keterlambatan KognitifGangguan dan keterlambatan yang dimaksud di sini juga termasuk tumbuh kembang. Anak yang mempunyai gangguan sebaiknya diberi ruang untuk memfokuskan diri pada satu aspek perkembangan terlebih dahulu agar tidak menyulitkannya.
  3. Ada Figur yang Fasih Bahasa KeduaSebaiknya, ketika mengajarkan bahasa kedua ada figur yang fasih dengan hal tersebut. Figur yang dapat dan siap menjadi teman untuk berinteraksi.

Sebaiknya, ketika mengajarkan bahasa kedua ada figur yang fasih dengan hal tersebut. Figur yang dapat dan siap menjadi teman untuk berinteraksi.

Setelah mehami tanda kesiapan anak, apalagi ya yang perlu diperhatikan orang tua dalam mengenalkan bahasa kedua? Simak tips-tips ini ya.

  1. Memperkenalkan Bahasa Inggris atau bahasa kedua lainnya dengan cara yang tepat, seperti SPOK, pengejaan dan juga artinya.
  2. Sudah yakin anak tidak memiliki masalah dalam memusatkan perhatian
  3. Perkenalkan dengan cara bermain untuk anak usia di bawah 7 tahun, agar Si Kecil bisa lebih mudah mengikuti. Hindari mengenalkan dengan cara memaksa dan tidak menyenangkan.
  4. Cara mengenalkan dengan melibatkan berbagai sensori, seperti melalui audio, tontonan dan juga mainan edukasi.

Apakah Moms & Dads ingin mulai memperkenalkan bahasa kedua pada si Kecil? Kali ini Kodomo Challenge hadir dengan paket baru untuk memperkenalkan Bahasa Inggris pada anak sejak dini, yaitu Paket 5 Kodomo Challenge Bahasa: Hello, I am Shimajiro.

Paket 5 ini terdiri dari buku bergambar, poster alphabet, video edukasi dan juga boneka Shimajiro yang bisa membantu Moms & Dads ketika Si Kecil mulai belajar kosakata Bahasa Inggris.

Tentunya, belajar Bahasa Inggris bisa jadi sangat menyenangkan dengan melibatkan berbagai sensori anak melalui Paket 5 Kodomo Challenge Bahasa: Hello, I am Shimajiro. Yuk, segera miliki paket edukasinya sekarang juga!

 

Sumber: Materi #WebinarKodomoChallenge dari Devi Sani R.,M.Psi, Psikolog (Psikolog Klinis Anak, Founder Klinik @rainbowcastleid)

Bagikan Artikel ini

Digital Free Trial Kit

Akses ke Ruang Edukasi Kodomo Challenge

Gratis Badge

Dapatkan Aktivitas Edukasi dan Video Edukasi yang dapat digunakan untuk menstimulus Si Kecil berkomunikasi, mengajarkan kebiasaan hidup, rasa percaya diri dan masih banyak lagi. Dapatkan secara GRATIS dan dapat diakses kapan saja. Daftar sekarang dan nikmati fasilitas FREE TRIAL dari Kodomo Challenge.

Daftar Sekarang
Komunikasi Yang Baik Antara Orang Tua dan Anak akan Mendorong Perkembangan Bahasa Language Development

Komunikasi Yang Baik Antara Orang Tua dan Anak akan Mendorong Perkembangan Bahasa

Perbedaan tingkat perkembangan kemampuan bahasa dan wicara anak usia 1-3 tahun bisa sangat besar, sehingga banyak orang tua yang khawatir anaknya “lambat bicara” atau ”kemampuan bahasanya rendah” dan sebagainya.

1348

Kebiasaan Anak Mengoceh dan Mengapa Orang Tua Tidak Perlu Khawatir! Language Development

Kebiasaan Anak Mengoceh dan Mengapa Orang Tua Tidak Perlu Khawatir!

Di periode babbling, jika anak mengoceh sembari melihat langsung ke wajah orang tua, dan anak bereaksi pada saat orang tua memanggil, berarti tidak perlu khawatir!

763

Hubungan Antara Menunjuk dan Kemampuan Wicara dan Bagaimana Jika Anak Saya Jarang Menunjuk? Language Development

Hubungan Antara Menunjuk dan Kemampuan Wicara dan Bagaimana Jika Anak Saya Jarang Menunjuk?

Menunjuk merupakan gerakan yang dilakukan anak terhadap benda yang menarik perhatiannya atau yang diinginkannya, sehingga memiliki peran yang sangat penting dalam tumbuh-kembang anak.

1291

Kalimat Dua Kata Itu yang Seperti Apa? Mulai Usia Berapa? Language Development

Kalimat Dua Kata Itu yang Seperti Apa? Mulai Usia Berapa?

Di usia sekitar 1 tahun, si kecil seharusnya mulai mengucapkan kata pertama, seperti “mama” atau “ayah”. Ia juga akan mulai menirukan berbagai kata yang diucapkan oleh orang-orang di sekitarnya.

1491