Language Development

Kapan Sebaiknya Anak Diperkenalkan dengan Bahasa Kedua?

Kapan Sebaiknya Anak Diperkenalkan dengan Bahasa Kedua?

Bagikan Artikel ini

218

Pada era global seperti sekarang ini, pentingnya penguasaan bahasa Inggris tidak dapat dipungkiri. Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang paling sering digunakan dan paling umum di seluruh dunia. Tentu saja, untuk menguasai dan dapat menggunakan bahasa Inggris dengan lancar, membutuhkan latihan yang rutin.

Hal itulah yang biasanya membuat Moms and Dads berlomba-lomba ingin mengajarkan anak-anaknya bahasa Inggris sejak kecil. Ada yang memang berkomitmen menggunakan dua bahasa di rumah sejak anaknya lahir (bahasa Inggris dan Indonesia), ada yang menunggu sampai anak-anak lancar berbahasa Indonesia terlebih dahulu, barulah diperkenalkan bahasa Inggris.

Berbagai literatur menjelaskan manfaat mempelajari dua bahasa sejak dini, antara lain:

  • Anak-anak akan lebih cepat menguasai dua bahasa tersebut dibandingkan jika mereka belajar di usia 5 tahun ke atas.
  • Secara kognitif anak-anak yang belajar dua bahasa sejak dini, disebut-sebut memiliki keterampilan pemecahan masalah, daya ingat, kreativitas, dan fleksibilitas berpikir yang lebih baik.

Bagaimana ya cara memperkenalkan bahasa Inggris di rumah yang tepat bagi anak-anak kita yang berusia dini? Apalagi jika Moms and Dads sendiri memiliki kemampuan terbatas dalam berbahasa Inggris.

Pertama-tama yang perlu Moms and Dads pahami dan utamakan adalah tujuan utama dari berbahasa, yaitu berkomunikasi. Nah, jadi sangat penting Moms and Dads untuk menstimulasi anak-anak untuk dapat berkomunikasi sedini mungkin, dan menggunakan bahasanya untuk berkomunikasi dengan orang lain. Caranya, tentu saja dengan kita berbicara dan mengobrol dengan mereka sejak mereka sangat kecil.

Bukannya dengan menonton video melalui gawai akan menambah kosakata dan belajar bahasa juga?

Betul, akan tetapi anak-anak tidak belajar berkomunikasi dan berinteraksi dua arah dengan orang lain. Jadi, video-video dan aplikasi belajar bahasa adalah media pembantu dan pelengkap bukan sebagai media utama.

Apa saja ya cara-cara yang bisa Moms and Dads gunakan untuk memperkenalkan bahasa Inggris di rumah?

  1. Buku Membaca buku adalah satu kebiasaan yang perlu orang tua lakukan bersama anak-anak sejak dini. Moms and Dads bisa bacakan buku dengan dua bahasa, agar sejak dini, anak-anak terbiasa mendengar kedua bahasa tersebut.
  2. Musik Menyanyi dan menari biasanya adalah salah satu cara yang paling menyenangkan untuk memperkenalkan kosakata bahasa Inggris maupun Indonesia kepada anak-anak. Jadi sering-seringlah bernyanyi bersama anak-anak Moms and Dads, kapan pun di mana pun.
  3. TV dan Video Video dari TV dan aplikasi belajar bahasa sudah banyak sekali tersedia. Yang perlu Moms and Dads lakukan adalah memilah, memilih, serta mendampingi saat anak-anak sedang menonton.
  4. Interaksi sehari-hari Saat bermain di rumah, Moms and Dads bisa sambil menyebutkan nama-nama benda dengan menggunakan dua bahasa. Begitu juga saat memberikan instruksi sehari-hari.
  5. Ulangi, ulangi, dan ulangi Pengenalan bahasa dan interaksi membutuhkan pengulangan yang sering. Jadi jangan bosan untuk terus mengulangi setiap hari ya, Moms and Dads.
  6. Sekolah bilingualSaat anak-anak memasuki usia sekolah, bisa juga memilih sekolah yang bilingual untuk dapat membantu lebih lagi dalam membiasakan anak-anak berbahasa Inggris.

Nah, pertanyaan berikutnya yang sering muncul adalah, apakah mempelajari dua bahasa itu akan menyebabkan perkembangan bahasa yang terlambat bagi anak-anak?

Menurut penelitian, pengenalan dua bahasa sejak dini, tidak menyebabkan keterlambatan bahasa. Anak-anak yang memiliki bawaan keterlambatan bahasa, tidak menjadi lebih sulit berbahasa saat dikenalkan bahasa kedua.

Walaupun demikian, ada dua cara memperkenalkan bahasa kedua pada anak-anak yang patut Moms and Dads pertimbangkan, sambil melihat perkembangan anak.

  1. Menggunakan dua bahasa sebelum usia 3 tahun, yang disebut dengan Simultaneous learning.
  2. Belajar bahasa kedua, setelah bahasa ibu telah berkembang dengan baik, biasanya setelah usia 3 tahun, yang disebut dengan Sequential Learning.

Silakan Moms and Dads memilih yang mana yang dirasa paling cocok untuk dilakukan, sambil melihat situasi di rumah, sejarah perkembangan anak dan media-media pelengkap yang tersedia.

Moms and Dads juga bisa memulai mengajarkan Si Kecil berbahasa Inggris sederhana melalui seri edukasi Kodomo Challenge Bahasa: Hello, I am Shimajiro!. Seri edukasi ini hadir untuk mengenalkan Si Kecil dengan kalimat dan kosakata sederhana dalam bahasa Inggris. Dilengkapi dengan boneka Shimajiro sebagai learning buddy yang akan menemani Si Kecil bermain dan belajar, serta Video Edukasi dalam bahasa Inggris, seperti nyanyian, tarian, dan lain sebagainya.

Yuk, bermain dan belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan bersama Kodomo Challenge!

Bagikan Artikel ini

Digital Free Trial Kit

Akses ke Ruang Edukasi Kodomo Challenge

Gratis Badge

Dapatkan Aktivitas Edukasi dan Video Edukasi yang dapat digunakan untuk menstimulus Si Kecil berkomunikasi, mengajarkan kebiasaan hidup, rasa percaya diri dan masih banyak lagi. Dapatkan secara GRATIS dan dapat diakses kapan saja. Daftar sekarang dan nikmati fasilitas FREE TRIAL dari Kodomo Challenge.

Daftar Sekarang
Komunikasi Yang Baik Antara Orang Tua dan Anak akan Mendorong Perkembangan Bahasa Language Development

Komunikasi Yang Baik Antara Orang Tua dan Anak akan Mendorong Perkembangan Bahasa

Perbedaan tingkat perkembangan kemampuan bahasa dan wicara anak usia 1-3 tahun bisa sangat besar, sehingga banyak orang tua yang khawatir anaknya “lambat bicara” atau ”kemampuan bahasanya rendah” dan sebagainya.

1645

Kebiasaan Anak Mengoceh dan Mengapa Orang Tua Tidak Perlu Khawatir! Language Development

Kebiasaan Anak Mengoceh dan Mengapa Orang Tua Tidak Perlu Khawatir!

Di periode babbling, jika anak mengoceh sembari melihat langsung ke wajah orang tua, dan anak bereaksi pada saat orang tua memanggil, berarti tidak perlu khawatir!

952

Hubungan Antara Menunjuk dan Kemampuan Wicara dan Bagaimana Jika Anak Saya Jarang Menunjuk? Language Development

Hubungan Antara Menunjuk dan Kemampuan Wicara dan Bagaimana Jika Anak Saya Jarang Menunjuk?

Menunjuk merupakan gerakan yang dilakukan anak terhadap benda yang menarik perhatiannya atau yang diinginkannya, sehingga memiliki peran yang sangat penting dalam tumbuh-kembang anak.

1796

Kalimat Dua Kata Itu yang Seperti Apa? Mulai Usia Berapa? Language Development

Kalimat Dua Kata Itu yang Seperti Apa? Mulai Usia Berapa?

Di usia sekitar 1 tahun, si kecil seharusnya mulai mengucapkan kata pertama, seperti “mama” atau “ayah”. Ia juga akan mulai menirukan berbagai kata yang diucapkan oleh orang-orang di sekitarnya.

1958