Kecakapan Hidup

Melatih Kemandirian Si Kecil Sejak Dini

Melatih Kemandirian Si Kecil Sejak Dini

Bagikan Artikel ini

285

oleh Dr. Rose Mini A.P., M.Psi

Moms & Dads, kemandirian merupakan karakter yang perlu dimiliki oleh setiap orang, apalagi menghadapi tantangan masa depan yang kian kompleks. Mereka yang mandiri, tentu akan lebih percaya diri dan mampu membuat keputusan. Bukankah kehidupan akan membutuhkan banyak pengambilan keputusan?

Namun demikian, kemandirian tentu tidak tumbuh dengan sendirinya, perlu adanya stimulasi dari lingkungan, khususnya orang tua. Moms & Dads, Si Kecil sebenarnya sudah mulai dapat dilatih kemandirian sejak usianya 18 bulan ketika ia mulai memasuki tahap perkembangan psikososial Autonomy versus Shame and Doubt.

Pada masa ini, biasanya anak berkeinginan untuk melakukan berbagai aktivitas rawat dirinya sendiri, seperti makan sendiri, mandi sendiri, dan sebagainya. Meski kerap “berantakan” dan tidak sesuai harapan orang tua, sebenarnya mereka sedang mengambangkan kemandirian (autonomy) dalam dirinya. Namun biasanya, orang tua kerap mengambil alih tugas mereka dengan dalih takut berantakan, kelamaan, tidak bersih, dan sebagainya. Walhasil perilaku ini justru membuat anak cenderung kurang mandiri dan tidak percaya diri di kemudian hari sehingga merasa shame/ doubt karena tidak ada kesempatan untuk menunjukkan kemandirian mereka.

Lalu, apa yang perlu Moms & Dads lakukan ya? Simak tips berikut ini:

  • Melatih kemandirian, sebenarnya cukup memanfaatkan aktivitas keseharian yang biasa dijalani Si Kecil. Moms & Dads dapat mulai memberikan kesempatan pada Si Kecil untuk melakukan hal-hal yang hendak ia lakukan sendiri.

  • Berikan apresiasi atas keberhasilan yang mereka capai, sekecil apapun. Dengan begitu, mereka dapat terdorong untuk terus mencoba. Namun demikian, bukan berarti Moms & Dads harus menuntut anak melakukan hal-hal yang melebihi usia dan kemampuannya, ya.

  • Berikan kesempatan untuk Si Kecil mengambil keputusan sendiri pada hal-hal sederhana yang dijumpai dalam hidupnya, seperti menentukan porsi makanannya sendiri, memilih pakaian yang hendak dipakainya, dan sebagainya. Kemampuan ini akan memudahkannya kelak untuk mengambil keputusan besar dalam hidupnya di kemudian hari, seperti memutuskan jurusan pendidikan yang akan digeluti, profesi yang akan ditekuni, dan lain sebagainya.

  • Ajak Si Kecil untuk selalu berupaya untuk mendapatkan apa yang diinginkan dan biarkan mereka merasakan konsekuensi maupun dampak dari apa yang diputuskan maupun dilakukannya, selama tidak membahayakan, ya. Perilaku selalu melayani dan melindungi Si Kecil dari rasa tidak nyaman, akan membuat mereka tidak memahami kehidupan yang sesungguhnya, bahwa yang dijumpai tidak hanya hal yang nyaman saja.

  • Hindari kritik dan labeling terhadap Si Kecil. Dalam prosesnya, tentu Moms & Dads tidak dapat langsung mengharapkan hasil yang sempurna. Makan menjadi berantakan, lama, dan rumah menjadi kotor, tentu tidak mustahil terjadi. Hal ini sehubungan dengan kemampuannya yang masih terbatas.

Oleh karena itu, butuh kesabaran yang besar dari Moms & Dads dan cobalah untuk selalu ingat bahwa ini bagian dari proses membuat Si Kecil jadi mandiri.

Selain itu, Moms & Dads juga bisa menjadi contoh untuk Si Kecil dalam memulai sesuatu agar ia bisa mengikuti, atau dapat membantunya melalui karakter yang ia idolakan untuk ditirukan. Seperti contohnya, “Wah, Shimajiro bisa sikat gigi sendiri, Adik bisa juga, kan?”.

Selamat memulai ya, Moms & Dads ^^.

Bagikan Artikel ini

Digital Free Trial Kit

Akses ke Ruang Edukasi Kodomo Challenge

Gratis Badge

Dapatkan Aktivitas Edukasi dan Video Edukasi yang dapat digunakan untuk menstimulus Si Kecil berkomunikasi, mengajarkan kebiasaan hidup, rasa percaya diri dan masih banyak lagi. Dapatkan secara GRATIS dan dapat diakses kapan saja. Daftar sekarang dan nikmati fasilitas FREE TRIAL dari Kodomo Challenge.

Daftar Sekarang
Ketahui Tanda-tanda Si Kecil Sudah Siap Diberikan Toilet Training Kecakapan Hidup

Ketahui Tanda-tanda Si Kecil Sudah Siap Diberikan Toilet Training

Banyak Moms and Dads yang terkadang bingung mengenai kapan waktu yang tepat memberikan toilet training pada anak.

307

Tips dan Trik untuk Mempermudah Si Kecil Lulus Toilet Training Kecakapan Hidup

Tips dan Trik untuk Mempermudah Si Kecil Lulus Toilet Training

Si Kecil dapat dikatakan lulus atau menyelesaikan toilet training ketika ia sudah mampu mengenali sinyal dari tubuhnya untuk buang air, lalu pergi ke toilet dan melakukan proses buang airnya secara mandiri.

268

Tips Mengajarkan Etika dan Aturan ke Toilet pada Anak Kecakapan Hidup

Tips Mengajarkan Etika dan Aturan ke Toilet pada Anak

Selama ini, pernahkah membawa Si Kecil ke toilet umum, tapi Si Kecil main-main air di wastafel, atau langsung duduk pada dudukan toilet yang kotor? Tentu kita yang melihatnya jadi risih dan khawatir, ya.

262