Language Development

Serunya Storytelling dan Read Aloud Bersama Anak-anak

03 August 2020

Serunya Storytelling dan Read Aloud Bersama Anak-anak

Bagikan Artikel ini

539

Bercerita atau storytelling  sebenarnya adalah salah satu bentuk pengajaran yang sudah ada sejak dulu kala. Melalui cerita biasanya anak dan anak lain saling berkomunikasi. Melalui cerita, orang dewasa dapat berkomunikasi dengan anak-anak. Cerita membuka rasa ingin tahu anak dan menjawab rasa penasaran mereka akan berbagai macam hal.

Storytelling tidak harus menggunakan buku. Storytelling dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, dengan media buku maupun tidak. Storytelling memiliki banyak sekali manfaat untuk perkembangan anak- anak kita. Anak-anak dapat mengembangkan kemampuan berbahasa mereka, kemampuan mendengar aktif, mengembangkan rasa ingin tahu, dan secara umum mengembangkan kemampuan literasi anak-anak.

Sejak kapan sebenarnya Storytelling dapat Moms and Dads lakukan kepada anak-anak?

Sebenarnya sejak anak-anak kita masih berada di dalam kandungan, kita sudah dapat bercerita kepada mereka. Saat mereka sudah lahir, kita dapat berkomunikasi sambil bercerita mengenai apa yang sedang kita lakukan atau yang mereka lakukan. Bertambah usia mereka, kita dapat mengajak mereka melihat buku-buku bergambar bersama sambil bercerita mengenai apa yang kita lihat. Bercerita dapat terus berkembang seiring bertambahnya usia anak-anak kita. Selain manfaat mengembangkan keterampilan literasi, Storytelling tentu akan menambah lekat hubungan emosi antara Moms and Dads dengan anak-anak.

Read aloud atau membaca nyaring adalah salah cara bercerita menggunakan buku kepada anak-anak. Membaca nyaring dapat membangun banyak keterampilan, termasuk menambah kosakata, menstimulasi imajinasi anak, menunjukkan cara membaca yang baik dan ekspresif dan membuat anak-anak menyadari bahwa membaca adalah suatu kegiatan yang seru dan menyenangkan.

Membaca nyaring adalah salah satu kegiatan penunjang kesiapan anak-anak nantinya untuk belajar membaca dan menulis lho Moms and Dads. Karena dengan membaca nyaring, anak-anak lebih mudah memahami perbedaan kata, susunan kalimat, fungsi tanda baca, perbedaan bentuk huruf dan simbol-simbol dll.  

Beberapa tips untuk Moms and Dads yang akan membantu dan dapat membuat waktu membaca atau bercerita menjadi menyenangkan dan bermanfaat:

  1. Baca dengan perlahan di setiap halamannya, khususnya jika anak masih bayi atau masih kecil. Sehingga mereka bisa memiliki waktu cukup untuk fokus memperhatikan semua gambar atau bentuk yang ada di buku.

  2. Tunjukkan dan sebutkan benda-benda yang familiar sambil menambahkan cerita yang terkait dengan kehidupannya (misalnya, “wah ini ada pus kucing seperti yang adek lihat di depan rumah tadi yaa”).

  3. Ubah nada suara kita saat membaca, coba gunakan variasi suara dan bermain-mainlah dengan nada dan ekspresi. Have fun � hal ini dapat menunjukkan gambaran yang menarik mengenai membaca dan membantu anak untuk dapat lebih “terikat” pada cerita. Perasaan dan emosi juga dapat lebih mudah disampaikan melalui ekspresi nada dan Gerakan.
  4. Jika memungkinkan, sediakan tempat khusus untuk membaca di rumah.

  5. Buatlah menjadi sebuah rutinitas agar anak terbiasa dan “nagih” untuk membaca buku.

  6. Awali dengan buku-buku dengan tulisan yang singkat sehingga anak akan belajar sedikit demi sedikit untuk memperpanjang perhatiannya.

  7. Seiring bertambah usia anak, pilihlah bacaan yang lebih panjang, sentuhlah tulisan sambil membaca nyaring. Hal ini dapat membantu anak mengasosiasikan apa yang ia dengan dan apa yang ia lihat.

  8. Pada anak yang sudah lebih besar, diskusi mengenai apa yang terjadi dalam cerita sangat dapat dilakukan setelah cerita berakhir, untuk memancing pemahaman bacaan, menggali insight dan kemampuan bercerita Kembali.

Nah, Moms and Dads, semoga tips di atas dapat membantu Moms and Dads dalam melakukan kegiatan bercerita dan membaca nyaring Bersama-sama anak-anak. Yang terpenting untuk selalu diingat adalah untuk terus melakukan hal yang menyenangkan Bersama anak-anak, dan jadikan membaca dan bercerita sebagai pilihan kegiatan untuk bersenang-senang. Selain menstimulasi banyak aspek perkembangan anak, tentunya juga akan melekatkan hubungan emosi antara Moms and Dads dengan anak-anak. So let’s share stories and read together, have fun!

Kodomo Challenge Bermain Peran: Ayo, Makan!

Yuk lihat paketnya

Bermain Peran: Ayo, Makan!

18 - 30 Bulan

Selengkapnya

Bagikan Artikel ini

Digital Free Trial Kit

Akses ke Ruang Edukasi Kodomo Challenge

Gratis Badge

Dapatkan Aktivitas Edukasi dan Video Edukasi yang dapat digunakan untuk menstimulus Si Kecil berkomunikasi, mengajarkan kebiasaan hidup, rasa percaya diri dan masih banyak lagi. Dapatkan secara GRATIS dan dapat diakses kapan saja. Daftar sekarang dan nikmati fasilitas FREE TRIAL dari Kodomo Challenge.

Daftar Sekarang
Ini 5 Jenis Permainan Anak yang Harus Diperhatikan untuk Tumbuh Kembang Optimal Ide Permainan

Ini 5 Jenis Permainan Anak yang Harus Diperhatikan untuk Tumbuh Kembang Optimal

Moms and Dads, bermain adalah dunia anak-anak. Hampir seluruh waktu bangunnya dilakukan untuk hal tersebut. Namun, kegiatan main bukan sekadar bersenang-senang, lho!

149

Ini Dia 5 Manfaat Mengenali Tahapan Perkembangan Pada Anak Usia Dini Perawatan Anak

Ini Dia 5 Manfaat Mengenali Tahapan Perkembangan Pada Anak Usia Dini

Moms and Dads, siapa sih yang tidak mau anaknya bertumbuh dan berkembang secara optimal? Anak pintar, orang tua sering menyebutnya. Banyak aspek yang harus diperhatikan agar anak menjadi demikian, seperti motorik, sosial emosional, kognitif, dan bahasa.

313

Si Kecil Belum Jelas Mengucapkan Kata? Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Orang Tua Untuk Melatih Perkembangan Bicara Anak Language Development

Si Kecil Belum Jelas Mengucapkan Kata? Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Orang Tua Untuk Melatih Perkembangan Bicara Anak

Kemampuan komunikasi dan bicara anak, ternyata sangat perlu distimulasi sejak dini untuk meningkat kepercayaan diri Si Kecil ke depannya. Seperti yang dijelaskan oleh Alia Mufida M. Psi, Psikolog dari Mentari Anakku dalam sebuah webinar parenting online yang diadakan Kodomo Challenge, bahwa kemampuan bahasa termasuk aspek penting yang harus dikembangkan secara optimal.

143

Tayang Perdana di Indonesia, Shimajiro Movie Siap Menghibur Si Kecil Selama #DiRumahAja Berita Terbaru

Tayang Perdana di Indonesia, Shimajiro Movie Siap Menghibur Si Kecil Selama #DiRumahAja

Menemani Si Kecil selama #DiRumahAja Kodomo Challenge menghadirkan Shimajiro Movie yang siap menghibur dan memberikan petualangan bawah laut Shimajiro bersama teman-temannya di film Shimajiro dan Nyanyian Paus yang tayang perdana secara online di Indonesia melalui Loket Live, pada tanggal 24, 25, 31 Oktober, dan 1, 7, 8 November.

145