Ide Permainan

Tips Membuat Si Kecil Semangat Belajar Saat #DiRumahAja

Tips Membuat Si Kecil Semangat Belajar Saat #DiRumahAja

Bagikan Artikel ini

873

Halo… Moms dan Dads semoga sehat selalu, ya! Kondisi pandemik COVID-19 yang belum usai berdampak pada pembelajaran sekolah yang masih harus dilakukan di rumah hingga saat ini. Banyak dari Si Kecil merasa bosan karena sudah sebulan lebih tidak bertemu dengan teman-temannya dan juga mereka rindu sekali dengan sekolahnya.

Lalu, bagaimana ya, mensiasati Si Kecil untuk tetap termotivasi belajar meski harus #DiRumahAja? Simak tips di bawah ini, yuk!

  1. Memberi Pengalaman “Bahagia” pada Anak Saat Belajar

Moms dan Dads harus mengubah persepsi tentang definisi belajar. Definisi belajar yang sebenarnya ialah kemampuan seseorang untuk menguasai kemampuan baru, baik kemampuan kognitif maupun kemampuan praktik.

Jadi, belajar bukan hanya kegiatan monoton yang berkaitan dengan menulis, membaca dan menggunakan buku. Mengamati pertumbuhan tanaman yang ada di halaman rumah, melihat berbagai jenis buah, atau membuat suatu kreasi dari barang bekas juga termasuk belajar. Melibatkan berbagai variasi belajar akan memberikan pengalaman bahagia untuk Si Kecil tentang kegiatan belajar itu sendiri. 

 2. Menggunakan Media Belajar Interaktif

Semakin menarik media yang digunakan maka semakin besar menumbuhkan minat Si Kecil untuk belajar. Bagaimana caranya? Moms dan Dads sebaiknya pilih metode atau alat bantu yang beragam, terutama pada materi yang berkaitan dengan science, gunakan eksperimen langsung.  Ajak Si Kecil belajar melalui pengalaman nyata yang bisa ia lihat dan rasakan. Gunakan metode story telling pada materi yang berkaitan dengan bahasa atau penanaman nilai moral. Lalu, boleh juga untuk menggunakan gadget atau video edukatif yang bisa menjelaskan suatu materi tertentu. Jangan lupa didampingi ya! Dan setelah itu, jangan lupa ajak Si Kecil diskusi atau melakukan tanya-jawab. Ini penting untuk memastikan sejauh mana pemahamannya.

 3. Berkegiatan Sambil Belajar

Nah, belajar itu bisa sambil berkegiatan, lho! Sesekali ajak Si Kecil melakukan suatu kegiatan tapi juga yang mendukung belajarnya. Misalnya, membuat cookies beraneka bentuk bangun ruang (lingkaran, segitiga, persegi). Bukan hanya mengenal bentuk, keluwesan motorik halus dan konsentrasi juga dilatih saat Si Kecil sedang mencetak cookies. Bagi Si Kecil yang lebih besar, bisa juga ide kegiatan ini dijadikan challenge oleh Moms dan Dads, yaitu dengan meminta ia yang memberikan ide kegiatan agar belajarnya bisa jadi lebih seru. Jangan khawatir terbatas ide ya, Moms dan Dads, karena saat ini berbagai ide mudah sekali untuk diakses diberbagai media.

 4. Mengatur Waktu Belajar

Seringkali para orangtua ingin anaknya cepat selesai mengerjakan tugas sehingga satu dari “To-Do List” terselesaikan. Nah, tapi kadang ini membuat Moms dan Dads kurang memperhatikan waktu kondusif untuk anak belajar. Misalnya, mengajak Si Kecil belajar saat ia lapar atau mengantuk atau bahkan baru selesai bermain yang menguras tenaga. Tentu saja hal ini berpengaruh pada konsentrasinya.

Jadi, jangan lupa perhatikan jam biologisnya, ya, Moms dan Dads. Hal lain yang tidak kalah penting yaitu kegiatan belajar perlu diselingi dengan waktu istirahat terlebih dahulu, misalnya istirahat 10-15 menit. Dengan begini, Si Kecil akan lebih mudah untuk memahami materi.

 

Sumber :

Educational Psychology. Santrock, John.W. 2008. NY : McGraw-Hill

Bagikan Artikel ini

Digital Free Trial Kit

Akses ke Ruang Edukasi Kodomo Challenge

Gratis Badge

Dapatkan Aktivitas Edukasi dan Video Edukasi yang dapat digunakan untuk menstimulus Si Kecil berkomunikasi, mengajarkan kebiasaan hidup, rasa percaya diri dan masih banyak lagi. Dapatkan secara GRATIS dan dapat diakses kapan saja. Daftar sekarang dan nikmati fasilitas FREE TRIAL dari Kodomo Challenge.

Daftar Sekarang
Permainan lempar kantong Ide Permainan

Permainan lempar kantong

Tema: Ekspresi
Durasi:
5-10 menit
Persiapan: 
biji congkak, kancing, saputangan

Permainan ini untuk menumbuhkan kemampuan si kecil dalam bersosialisasi



599

Bermain salon-salonan saat mandi Ide Permainan

Bermain salon-salonan saat mandi

Tema: Challenge
Durasi: 5-10 menit
Persiapan: shampo

Lakukan permainan ini untuk menumbuhkan kemampuan bersosialisasi si kecil

524

Menebak tulisan di punggung Ide Permainan

Menebak tulisan di punggung

Tema: Edukasi
Durasi: 5-10 menit
Persiapan: -

Permainan ini untuk menumbuhkan kemampuan bersosialisasi si kecil melalui komunikasi antara orang tua dan anak

830

Permainan mencuci pakaian Ide Permainan

Permainan mencuci pakaian

Tema: Challenge
Durasi: 5-10 menit
Persiapan: Cucian, baskom, sabun

Permainan ini untuk mengajarkan kebiasaan sehari-hari pada si kecil, lakukan permainan ini saat sedang mandi

953