Ide Permainan

Intip 4 Tips Memilih Game untuk Anak Laki-laki Yuk!

21 June 2018

Intip 4 Tips Memilih Game untuk Anak Laki-laki Yuk!

Bagikan Artikel ini

1628

Salah satu kegiatan yang disukai anak adalah bermain game. Jika dilakukan dengan bijak, bermain game sebenarnya dapat membantu perkembangan anak, lho. Moms dan Dads bisa memilih permainan yang bertemakan edukasi sehingga anak dapat bermain sekaligus belajar dengan menyenangkan. Namun, memilih game edukasi pun tidak boleh sembarangan. Moms dan Dads harus jeli memilih game balita yang sesuai untuk anak perempuan maupun laki-laki. Agar tidak memilih game yang salah, simak tips memilih game anak laki-laki berikut ini yuk!

 

1. Tidak mengajarkan kekerasan

Hal pertama yang perlu Moms dan Dads perhatikan sebelum memilih game balita adalah memastikan game tersebut tidak memperlihatkan kekerasan pada anak. Walaupun biasanya game anak laki-laki tidak jauh-jauh dari tema perkelahian, sebaiknya Moms dan Dads menghindari pilihan game tersebut. Moms dan Dads dapat memilih game dengan tema yang lebih soft, tapi tetap cocok dan menyenangkan untuk dimainkan oleh anak laki-laki, misalnya game mengenai mobil atau bola.

 

2. Memiliki nilai edukasi

Ketika memilih game untuk si kecil, Moms dan Dads juga harus memperhatikan nilai edukasi yang terkandung di dalam game tersebut. Sebaiknya, Moms dan Dads memilih game yang tidak hanya memiliki sisi hiburan, tapi juga bisa mengajarkan berbagai hal baik untuk anak. Moms dan Dads dapat memilih game balita yang bisa mengajarkan anak untuk berhitung, mengeja nama binatang, atau bahkan bernyanyi dan menari.

 

3. Sesuai perkembangan usia anak

Meski sering diabaikan, tapi memilih game anak cowok sesuai dengan perkembangan usianya merupakan hal yang sangat penting. Bagi anak balita berusia 1 tahun, game balita dengan visual warna-warni akan lebih menarik karena bisa merangsang indra penglihatannya. Sementara untuk anak balita berusia 3 tahun, Moms dan Dads bisa memilih game yang lebih banyak mengajak anak untuk bergerak karena pada tahap ini kemampuan motoriknya sedang berkembang dengan pesat.

 

4. Tidak membuat kecanduan

Tidak bisa dipungkiri bahwa game memang sering kali membuat anak kecanduan untuk terus memainkannya. Kalau sudah kecanduan, anak akan lebih sering berdiam diri dan menghabiskan banyak waktu untuk bermain game. Hal ini tentunya tidak baik bagi tumbuh kembangnya. Maka dari itu, sebaiknya Moms dan Dads lebih jeli dalam membatasi waktu bermain game si kecil. Moms dan Dads bisa memilih game balita dengan durasi yang singkat sehingga anak tidak dituntut terus menerus bermain untuk bisa menamatkan satu seri game tersebut. Selain itu, Moms dan Dads dapat menggantikan waktu bermain game dengan mengajak si kecil melakukan kegiatan positif lain, misalnya bermain sepeda di luar, membaca buku, atau olahraga bersama.

 

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa Moms dan Dads lakukan ketika memilih game anak laki-laki. Dengan pemilihan yang tepat, game balita juga bisa memberikan dampak yang baik bagi tumbuh kembang anak.

 

Image source: https://www.whattoexpect.com

 

(Supervised by: Rumah Dandelion)

Bagikan Artikel ini

Digital Free Trial Kit

Akses ke Ruang Edukasi Kodomo Challenge

Gratis Badge

Dapatkan Aktivitas Edukasi dan Video Edukasi yang dapat digunakan untuk menstimulus Si Kecil berkomunikasi, mengajarkan kebiasaan hidup, rasa percaya diri dan masih banyak lagi. Dapatkan secara GRATIS dan dapat diakses kapan saja. Daftar sekarang dan nikmati fasilitas FREE TRIAL dari Kodomo Challenge.

Daftar Sekarang
Ini 5 Jenis Permainan Anak yang Harus Diperhatikan untuk Tumbuh Kembang Optimal Ide Permainan

Ini 5 Jenis Permainan Anak yang Harus Diperhatikan untuk Tumbuh Kembang Optimal

Moms and Dads, bermain adalah dunia anak-anak. Hampir seluruh waktu bangunnya dilakukan untuk hal tersebut. Namun, kegiatan main bukan sekadar bersenang-senang, lho!

149

Ini Dia 5 Manfaat Mengenali Tahapan Perkembangan Pada Anak Usia Dini Perawatan Anak

Ini Dia 5 Manfaat Mengenali Tahapan Perkembangan Pada Anak Usia Dini

Moms and Dads, siapa sih yang tidak mau anaknya bertumbuh dan berkembang secara optimal? Anak pintar, orang tua sering menyebutnya. Banyak aspek yang harus diperhatikan agar anak menjadi demikian, seperti motorik, sosial emosional, kognitif, dan bahasa.

314

Si Kecil Belum Jelas Mengucapkan Kata? Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Orang Tua Untuk Melatih Perkembangan Bicara Anak Language Development

Si Kecil Belum Jelas Mengucapkan Kata? Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Orang Tua Untuk Melatih Perkembangan Bicara Anak

Kemampuan komunikasi dan bicara anak, ternyata sangat perlu distimulasi sejak dini untuk meningkat kepercayaan diri Si Kecil ke depannya. Seperti yang dijelaskan oleh Alia Mufida M. Psi, Psikolog dari Mentari Anakku dalam sebuah webinar parenting online yang diadakan Kodomo Challenge, bahwa kemampuan bahasa termasuk aspek penting yang harus dikembangkan secara optimal.

143

Tayang Perdana di Indonesia, Shimajiro Movie Siap Menghibur Si Kecil Selama #DiRumahAja Berita Terbaru

Tayang Perdana di Indonesia, Shimajiro Movie Siap Menghibur Si Kecil Selama #DiRumahAja

Menemani Si Kecil selama #DiRumahAja Kodomo Challenge menghadirkan Shimajiro Movie yang siap menghibur dan memberikan petualangan bawah laut Shimajiro bersama teman-temannya di film Shimajiro dan Nyanyian Paus yang tayang perdana secara online di Indonesia melalui Loket Live, pada tanggal 24, 25, 31 Oktober, dan 1, 7, 8 November.

145